Bunga-bunga Kehidupan

Kalau diizinkan Tuhan aku punya ingatan yang kuat sampai usia berapa pun bahkan sampai mati, maka kekallah semuanya dalam kepala. Bezanya pada ketika itu, ingatan itu terwujud tanpa ada rasa apa-apa. Tidak sedih, tidak juga gembira. Tidak marah, tidak juga hiba. Kosong. Dan aku fikir itu adalah lebih baik dari menyimpan apa-apa rasa, dendam atau apa saja. Memaafkan dan melepaskan semuanya dari hati dengan penuh lapang dada, bukankah itu lebih mulia? Sepertimana aku mohon dimaafkan atas segala kesilapanku pada siapa-siapa, yang sedar mahupun tidak, begitu juga aku harus memberi maaf terhadap manusia atas apa jua kesalahan mereka. Supaya juga senang nanti di hari penghitungan. In Sha Allah.

Hidup ini satu perjalanan yang likunya tidak terduga. Suka atau tidak, jangan dipersoal, harus terima saja. Soal yang penting adalah kesyukuran pada Yang Maha Menentukan.

Dan apakah yang lebih baik dari didatangi ujian dan menjadi dekat kepada-Nya karna ujian itu dari dibiarkan terkapai-kapai sendiri, alpa dengan dunia yang penuh penipuan?

Hari ini aku pulang dengan senyuman, tidak seperti hari-hari lainnya. Semoga jalan hidup dihiasi dengan bunga-bunga mekar di sekeliling. In Sha Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s